Kadis Disdikbud Rohil Gelar Pelatihan Tari Sapin Bagan Dan Tari Inai Pinggan Dua Belas

Kadis Disdikbud Rohil Gelar Pelatihan  Tari Sapin Bagan Dan Tari Inai Pinggan Dua Belas

Rokan Hilir - Kadis Pendidikan  dan Kebudayaan (Disdikbud) Asril Arif S.Sos, melalui Kabid Samsul Bahri S.Pd,M.Pd, Buka Secara langsung Pelatihan Tari Sapin Bagan Dan Tari Inai Pinggan Dua Belas' Peningkatan Pendidikan Dan pelatihan Sumberdaya Manusia kesenian Tradisional,kegiatan dilaksanakan jl pelabuhan baru  di aula hotel Gren kecamatan Bangko, Bagansiapiapi Jumat (08/12/2023).

Tampak Hadir Dalam Pelatihan Tari Zapin Bagan Dan Tari Inai Pinggan Dua Belas, Kabid Disdik Samsul Bahri S.Pd,M.PD, Kabid Disdik (SMP) Azaman S.pd., Beberapa OPD,ketua DPD Delsi Hendria, And. Sn, Rubi Hastuti, S.Pd MM, berserta guru-guru dari kecamatan dan unsur lain nya.

"Kata Sambutan Pak Samsul Kami dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui bidang kebudayaan pada hari ini melaksanakan kegiatan pelatihan tari tradisional yang mana di sini kami fokuskan kepada pelatihan tari Inai Pinggan dua belas dan tari zapin Bagan,ini sudah merupakan warisan budaya kita".

"Adapun  Peserta Yang mengikuti Pelatihan Tari Sapin Bagan Dan Tari Inai Pinggan dua belas,ada Delapan Kecamatan terdiri dari guru SD dan SMP Setiap kecamatan mengutus 5 orang peserta.

"Dalam Melestarikan Kebudayaan Indonesia yang sudah ditetapkan berdasarkan keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan jadi sebagai tanggung jawab kita dari pemerintah daerah,demi memajukan kebudayaan,ucap Samsul.

"Samsul juga mengatakan maka pada kesempatan kali ini kami melaksanakan kegiatan ini sebagai wujud dari kepedulian kami terhadap warisan budaya, dimana ini juga merupakan salah satu kegiatan yang sifatnya pelestarian agar kita berharap agar lebih tepatnya di hari-hari ini tidak pernah dijalankan oleh zaman seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini anak-anak muda kita sekarang sudah hampir melupakan yang namanya budaya.

"Harapan Samsul kedepannya Melalui guru-guru seni di bidang SD dan SMP agar nanti kita berharap kepada mereka bisa kembali mengingatkan budaya kita yang ada di Kabupaten Rokan hilir salah satu dari kegiatan Tari Inai Pinggan Dua belas dan Tari Sapin Bagan, samping bertujuan daripada yang kami informasikan harapan kedepannya itu untuk guru-guru yang kita laksanakan pelatihan ini dapat nanti memberikan sedikit minimal gerak dasar dari pada kedua tarian ini kepada anak-anak nanti jadi di sekolah sehingga minimal dan anak-anak bisa membedakan oh ini loh tarian sapin bagan dan tarian inai pinggan dua belas.

Berita Lainnya

Index