Bupati Rohil Buka Seminar Pembinaan Sumberdaya Manusia lembaga Dan Pranata Adat

Bupati Rohil Buka Seminar Pembinaan Sumberdaya Manusia lembaga Dan Pranata Adat

Rokan Hilir - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong S.IP.M.SI, Buka secara langsung Seminar Pembinaan Sumberdaya Manusia Lembaga Dan Pranata Adat di Bagansiapiapi,Acara kegiatan dilaksanakan gedung Misran Rais jl utama kecamatan Bangko Senin (27/11/2023) malam.


"Turut hadir Dalam kegiatan seminar Sekda Rohil H Fauzi Efrizal,  para Asisten,kadis disdikbud Asril Arif S.Sos, diwakili sekretaris Asian Arahap disdikbud, Datuk LAM Jufrizan ,Polsek bangko Diwakili,Kemenag, Camat Bangko, perwakilan DPD Dan DPC LLMB seluruh kecamatan,dan berbagai unsur lainnya.

'Dalam Kata sambutan Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong Kita perlu buat Aturan Atau Perda yang berlaku di daerah kita ini dan kita bekukan Supaya Adat istiadat dikabupaten Rokan hilir bisa kita lakukan dengan baik dan jadikan pedoman  bahwa hukum adat itu harus ada di kepenghuluan dan kecamatan.

"Afrizal Sintong,berharap dengan Ada nya  kegiatan Seminar Pembinaan Sumberdaya Manusia lembaga Dan Pranata Adat Di kepenghuluan dan kecamatan dapat berperan aktif dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat'Misalnya saja, jika menikah harus melibatkan Ninik mamak dan proses pernikahan pun digelar secara adat istiadat.

Untuk Itu pun Menjadi keputusan kita bersama dan menjadi acuan kita,maka kalau orang pendatang masuk ke desa kita tekan kan supaya bisa mengikuti aturan dan adat istiadat kita dan orang pendatang gak Semarang masuk ke desa atau kampung kita sendiri.

"Bupati juga menilai telah terjadi pergeseran nilai budaya yang terjadi saat ini,'Untuk itu peran kita ke depannya ambil bagian khususnya di dunia pendidikan agar nilai budaya dapat ditanamkan di sekolah-sekolah,Ini seminar kita buka sehingga Anggaran  ini bisa kita jalan kan  tapi ada aturan adat dan jadi pedoman kita adakan di kepenghuluan dan kecamatan".

'Dan Bupati menyampaikan  bumi seribu kubah ini harus dibangkitkan kembali. Sebagai mana adat istiadat Melayu yang sejak dulu ada, maka sekarang ini harus dilestarikan'.

Kami telah mengajukan satu Perda tentang adat istiadat yang mengatur banyak hal,Karena adat lebih lembut dari aturan," ucapnya.

Berita Lainnya

Index