Bawaslu Rohil Gelar Panwascam dan Buka Pendaftaran Perekrutan PKD Pilkada 2024

Bawaslu Rohil Gelar Panwascam dan Buka Pendaftaran Perekrutan PKD Pilkada 2024

Bagansiapiapi - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengelar tes wawancara calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan buka pendaftaran perekrutan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Sabtu (18/5/2024).

Tes wawancara calon anggota Panwascam dilaksanakan tersebut turut dihadiri Ketua Bawaslu Rohil Zubaidah, SE, Anggota Bawaslu Jaka Abdillah S.Ag, Nasrudin SH, Nurmaidani, SH, Dedi Sibuea, S.Pd.i.

Ketua Bawaslu Rohil Zubaidah,SE melalui anggota Bawaslu Rohil Rohil Devisi SDM, Organisasi dan Diklat, Dedi Sibuea S.Pd.i mengatakan iya, hari ini Bawaslu Rokan Hilir melaksanakan kegiatan tes wawancara Panwascam di 12 Kecamatan yang lulus CAT kemaren yang dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 14 kemaren dan baru di umumkan kemaren pada tanggal 17 Mei 2024.

Kata Dedi, adapun 12 Kecamatan itu yakni Kecamatan Bangko yang mendaftar 6 untuk kebutuhan ada 3, Kecamatan Sinaboi yang mendaftar 4 untuk kebutuhan ada 2, Kecamatan Pekaitan yang mendaftar 6 untuk kebutuhan ada 3, Kecamatan Pasir Limau Kapas yang mendaftar 4 untuk kebutuhan ada 2, Kecamatan Batu Hampar yang mendaftar 2 untuk kebutuhan ada satu, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan 4 mendaftar 4 untuk kebutuhan ada 2, untuk Kecamatan Tanah Putih yang mendaftar satu kebutuhan satu itu sudah dilakukan perpanjangan waktu tetap yang mendaftar hanya satu, Kecamatan Pujud yang mendaftar 2 untuk kebutuhan ada 1, Kecamatan Kubu Babussalam yang mendaftar 4 untuk kebutuhan 2, Kecamatan Kubu yang mendaftar 2 untuk kebutuhan ada 1, Kecamatan Bagansinembah Raya mendaftar 4 untuk kebutuhan ada 2.

" Inikan sistem existing, ada dua mekanismen rekrutmen. Yang pertama yaitu evaluasi Panwascam yang lama, dan ada juga beberapa Panwascam yang yang tidak memenuhi persyaratan, baik itu ada yang lolos P3K dan ada juga yang tidak lolos evaluasi existing, sehingga dibukalah untuk rekrutmen Panwascam baru.

Kata anggota Devisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Rohil, total pembukaan rekruitmen untuk Panwascam ada 12 Kecamatan, yang selebihnya sudah terisi, Panwascam yang lolos sistem existing.

" Untuk 6 kecamatan yang lolos existing itu Kecamatan Simpang Kanan, Balai Jaya, Tanjung Medan, Rantau Kopar, Rimba Melintang dan Bangko Pusako, " ucapnya.

Lebih lanjut kata Dedi, untuk tahapan seleksi tes wawancara Panwascam ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 18,19 dan 20 Mei tahun 2024.

Selain digelarnya tes wawancara untuk Panwascam, Dedi juga menyampaikan prihal perekrutan PKD. Sebut Dedi, saat ini sedang berjalan perekrutan PKD untuk seleksi administrasi. Bisa diserahkan ke Bawaslu Rohil dan bisa juga diserahkan di masing-masing sekretariat Panwascam.

Ia menyebutkan, untuk pendaftaran PKD itu sendiri bisa di lihat di website Bawaslu atau di lihat di Kepenghuluan masing-masing yang sudah kita tempat. Untuk formulir pendaftaran juga bisa di download dan bisa juga di ambil di sekretariat Panwascam masing-masing.

Kata Dedi, untuk masa perekrutan PKD itu selama tiga hari mulai tanggal 18 s/d 21 untuk penyerahan berkas formulir pendaftaran. Apa bila tidak memenuhi kuota pendaftaran maka akan dilakukan perpanjangan waktu mulai tanggal 22 s/d 24 Mei 2024.

" Untuk secara regulasi kebutuhan PKD itu satu Kepenghuluan/Kelurahan itu cuman satu orang. Kalau secara rekrutmen itu harus 2 orang yang mendaftar. Yang lolos itu cuman satu, yang mendaftar itu 2 kali kebutuhan dan kebutuhan keterwakilan perempuan itu 30 persenpersen, " ujarnya.

Berita Lainnya

Index