Jika Dikembangkan Lahan Pertanian Di Rohil Sangat Menjanjikan

Jika Dikembangkan Lahan Pertanian Di Rohil Sangat Menjanjikan

PARLEMEN-Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten  Rokan Hilir (Rohil), Basiran Nur Efendi SE MIP menilai bahwa keberadaan lahan pertanian di wilayah Kabupaten Rohil masih sanggat menjanjikan apa bila dikembangkan ke depannya.

Bahkan politisi Partai Nasdem ini juga turut mendorong Pemerintah daerah agar dapat terus mengembangkan sektor pertanian yang ada pada saat ini. Sehingga diharapkan Kabupaten Rohil bisa menjadi salah satu daerah sentra pertanian yang ada di Provinsi Riau.

“Pemkab Rohil harus mendorong peran para petani khususnya, agar pertanian yang ada di Rohil tetap bertahan dan mudah-mudahan bisa terus dikembangkan,” kata Basiran mengingatkan akhir Maret 2024 lalu.

Memang tidak dapat di pungkiri bahwa alih fungsi lahan sejauh ini terus terjadi. Hal ini terjadi akibat msyarakat dan petani lebih memilih untuk menanam sawit ketimbang padi. “Padahal, jika dibandingkan untuk penghasilan yang diperoleh dari luasan lahan yang sama, itu terdapat perbedaan penghasilan yang lebih besar,” ungkap Basiran.

Produksi padi sebenarnya jelas Basiran lebih menjanjikan penghasilannya. Hanya saja, di sisi lain para petani juga dihadapkan persoalan pengelolaan lahan seperti menghadapi hama, perawatan tanaman padi dan berbagai masalah lainnya. (ADV)

Berita Lainnya

Index