Usulan Reses DPRD Diharapkan Diwujudkan

Usulan Reses DPRD Diharapkan Diwujudkan

PARLEMEN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir (Rohil) mengharapkan pemerintah daerah dapat mewujudkan berbagai usulan terkait dengan pembangunan dalam bentuk realisasi program di satuan kerja atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Rohil.

Penegasan itu disampaikan Ketua DPRD Rohil, Maston pada saat memimpin sidang paripurna pembukaan masa sidang pertama tahun 2024 di ruang Sidang Gedung DPRD Kabupaten Rohil di pingiran Sungai Rokan kompleks perkantoran Batu Enam di Bagansiapapi, beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, telah menerima aspirasi masyarakat baik lewat kelembagaan maupun dari setiap dewan yang telah menggelar kegiatan reses di daerah pemilihan (dapil-nya) masing-masing sesuai dengan waktu kegiatan yang telah ditentukan.

“Banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat pada saat kegiatan reses, maka secara umum aspirasi tersebut seperti pembangunan infrastruktur, kesejahteraan serta pendidikan,” tegas Maston.

Begitu juga untuk meningkatkan layanan kesehatan, pembangunan rumah ibadah, sarana dan prasarana maupun infrastruktur untuk bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan sebagainya.

“Maka diharapkan agar aspirasi tersebut yang kemudian disampaikan DPRD agar dapat diwujudkan lewat kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah,” harapnya.

Dewan akunya, memiliki mekanisme tersendiri dalam menjaring aspirasi, dan biasanya hal itu lebih beragam dan komplek. Meskipun pemerintah juga memiliki sarana berupa musrenbang berjenjang mulai dari tingkat kepenghuluan atau desa, kecamatan sampai kabupaten namun dengan sarana reses diharapkan apa yang disampaikan masyarakat bisa lebih diperhatikan juga.

Ditambahkan meskipun kegiatan reses merupakan kegiatan formal, namun menurut Maston hal itu juga dipandang baik dalam rangka menjaga silaturahmi yang ada antara dewan dengan masyarakat konstituennya sendiri. (ADV)

Berita Lainnya

Index