Tips Menghindari Maleware di Ponsel Anda

0

Pada masa kini ponsel menjadi salah satu barang wajib dan sangat penting bagi kebanyakan orang. Ponsel atau smartphone biasanya digunakan sebagai media untuk tetap terkoneksi dengan jaringan internet untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk kebutuhan pekerjaan yang bergelut dengan email atau website, serta selalu terhubung dengan media sosial. Namun, ponsel dengan koneksi internet seringkali rentan terhadap maleware sehingga mengganggu kinerja dan fungsi ponsel Anda. Meskipun demikian, beberapa tips menghindari maleware di ponsel dapat Anda aplikasikan untuk langkah pencegahan.

5 Tips Menghindari Maleware di Ponsel yang Dapat Anda Lakukan

Maleware memang perlu Anda hindari agar ponsel memiliki performa maksimal dan dapat berfungsi dengan baik. Berikut tips menghindari maleware di ponsel yang dapat Anda lakukan agar smartphone Anda tidak terinfeksi maleware.

1. Lakukan pembaruan sistem dan aplikasi

Anda perlu menginstall pembaruan pada sistem dalam ponsel Anda. Selain itu pembaruan aplikasi yang terpasang pada ponsel perlu untuk dilakukan juga jika penyedia aplikasi menawarkan pembaruan. Dengan menginstall update sistem dan aplikasi, kinerja ponsel dan aplikasi yang telah terpasang menjadi semakin maksimal. Selain itu, dalam update sistem atau aplikasi, penyedia memberikan penguat keamanan agar maleware tidak menginfeksi.

2. Unduh aplikasi melalui Google Play dan App Store

Tips menghindari maleware di ponsel berikutnya adalah dengan mengunduh aplikasi yang dibutuhkan melalui Google Play atau App Store. Walaupun tidak sepenuhnya aman dari virus atau maleware, setidaknya Google Play meminimalisir resiko ditemukannya maleware saat pengunduhan aplikasi.

3. Blokir aplikasi dari pihak ketiga

Pihak ketiga memiliki resiko membawa maleware ke dalam ponsel Anda. Alangkah lebih baik jika Anda menguninstall aplikasi dari pihak ketiga tersebut. Untuk langkah pencegahan, Anda dapat mengatur ponsel untuk mengaktifkan mde deteksi terhadap perangkat lain yang berasal dari sumber yang tidak diketahui.

4. Waspada terhadap tautan

Tautan yang biasanya terkirim pada ponsel dapat menjadi sumber maleware dalam ponsel Anda. Waspadai tautan-tautan yang terkirim. Periksa kembali sebelum Anda membuka tautan tersebut. Jika perlu, Anda bisa mengkonfirmasi tautan kepada pihak pengirim tentang isi tautan.

5. Periksa izin aplikasi

Sebelum mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan, tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali informasi detail tentang aplikasi tersebut. Pada Google Play dan App Store biasanya terdapat review pengguna terhadap aplikasi tersebut. Anda dapat membawanya terlebih dahulu sebelum mengunduhnya sebagai bahan pertimbangan keamanan aplikasi.

Agar performa ponsel Anda maksimal dan tidak terinfeksi virus atau maleware yang mengakibatkan ponsel tidak dapat bekerja dengan baik, Anda perlu melakukan langkah pencegahan. Maleware ukup merepotkan jika terdeteksi pada ponsel. Maka, beberapa tips menghindari maleware di ponsel di atas dapat Anda lakukan agar smartphone Anda terlindungi dari ancaman maleware.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy