Tips Menghemat Memori Internal Android Praktis dan Ampuh

0

Bagi Anda yang masih menggunakan android versi lama dengan memori internal dan RAM pas-pasan, mungkin cara ini cocok untuk Anda. Berikut adalah tips menghemat memori internal android bagi Anda yang masih setia menggunakan android versi lama.

Cara Menghemat Memori Internal Android

Memori internal dan RAM android memang menjadi hal penting untuk mengoperasikan program dalam smartphone. Jika android Anda termasuk versi lama dengan memori internal serta RAM yang pas-pasan, maka akan sulit untuk menginstall aplikasi berkapasitas besar. Hal ini juga akan berdampak pada kinerja sistem android pada saat menjalankannya, proses smartphonee akan sangat lambat dan membutuhkan banyak waktu untuk membuka serta menjalankan aplikasi. Berikut adalah cara mudah untuk dalam menghemat memori internal milik Anda.

1. Install Aplikasi dengan Kapasitas Kecil

Tips menghemat memori internal android yang pertama adalah menginstall aplikasi dengan kapasitas kecil. Jangan memaksa smartphone kamu untuk menginstall aplikasi berkapasitas besar, hal itu akan berdampak pada kinerja android milikmu. Kamu bisa menginstall aplikasi versi lite dari aplikasi yang kamu inginkan, walaupun banyak fiture yang dipangkas dalam versi lite.

2. Jangan Meperbarui versi dari Cleaner yang Ada pada Smartphone

Memperbarui versi cleaner dan menginstall anti virus hanya akan menambah beban pada memori internal smartphone. Hal ini akan mempengaruhi kinerja dari proses pada smartphoneemu.

3. Menjadikan Kartu Memori sebagai Penyimpanan Internal dan Backup File

Kartu memori memang bisa dijadikan sebagai penyimpanan internal bagi smartphone kamu, tapi hal ini hanya berlaku pada android yang dijalankan dengan dengan Android 6.0 Marshmallow. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi cloud storage untuk menyimpan file, foto, dan video yang penting bagi kamu.

4. Bersih-bersih cache

Tips menghemat memori internal android yang terakhir adalah membersihkan sampah sistem smartphonee kamu. Tentu jika banyak sampah sistem pada smartphone milikmu, akan memperlambat proses sistem android. Hal ini dikarenakan sampah sistem juga menambah beban bagi memori internal. Maka dari itu, jika kamu ingin performa dari smartphone milikmu tetap prima, rajinlah membersihkan sampah sistem dari aplikasi yang telah Anda install secara rutin.

Demikian penjelasan cara menghemat memori internal versi lama, dengan kapasitas memori internal dan RAM pas-pasan. Bagi Anda yang masih menggunakan android versi lama, jangan khawatir, sebab semua masalah itu pasti ada solusinya. Termasuk masalah memori internal dan RAM yang pas-pasan pada android Anda.

Menggunakan android versi lama memang cukup menjengkelkan, terlebih lagi saat berurusan penyimpanan internal cepat sekali penuh. Maka dari itu, Anda bisa melakukan tips menghemat memori internal android di atas agar performa smartphone Anda tetap terjaga. Dengan begitu Anda bisa menginstall aplikasi yang diinginkan tanpa khawatir peringatan penyimpanan penuh. Selamat mencoba

Leave A Reply

Your email address will not be published.