Tips Mendesain Blog Agar Terlihat Menarik

0

Tampilan blog yang menarik dapat menjadi salah satu alasan mendapatkan lebih banyak pengunjung dan pembaca. Dari tampilan awal yang menarik, pengunjung akan lebih bersemangat untuk membaca isi blog tersebut. Selain itu, pemilik blog sendiri akan lebih terpacu membuat konten lebih banyak jika tampilan blog terlihat menarik. Namun, biasanya pembuat blog merasa kesulitan dalam mendesain tampilan blognya. Beberapa tips mendesain blog berikut ini bisa Anda coba agar tampilan blog milik Anda terlihat lebih menarik.

4 Tips Mendesain Blog Sehingga Tampilannya Lebih Menarik

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan sebuah blog. Berikut adalah beberapa tips dari MencariCara dalam mendesain blog berikut ini diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat tampilan blog yang lebih menarik.

1. Menentukan tujuan blog

Sebelum mendesain sebuah blog, sebaiknya Anda menetapkan terlebih dahulu tujuan Anda membuat blog tersebut. Hal ini berkaitan dengan image dan tampilan blog yang sesuai dengan tujuan tersebut. Anda perlu memastikan, blog yang Anda buat bertujuan untuk menyampaikan informasi, blog traveling, blog tutorial, review produk, blog pribadi atau tujuan yang lainnya. Dari sini Anda dapat menentukan tampilan yang sesuai dengan isi blog tersebut.

2. Menetapkan domain dan hosting

Tips mendesain blog berikutnya adalah Anda perlu memahami domain dan hosting. Domain adalah sebuah nama untuk web server dalam jaringan internet. Sedangkan hosting adalah media penyimpanan data yang disebut dengan website. Jika blog Anda menggunakan domain tertentu seperti blogspot, wordpress atau tumblr, Anda tidak lagi memerlukan hosting. Namun, untuk blog yang lebih profesional, hosting sangat diperlukan. Karena fasilitas yang ditawarkan domain lebih terbatas termasuk dalam hal mengunggah video dan gambar.

3. Memahami struktur template

Dalam sebuah tampilan blog, struktur template sangat penting agar pembaca nyaman membuka halaman blog Anda. Usahakan agar template blog cukup rapi sehingga pembaca tidak kebingungan menemukan artikel yang diinginkan. Struktur dasar blog biasanya terdiri dari header, konten blog, sidebar dan footer. Pada beberapa domain penyedia laman blog, Anda dapat memilih tampilan template yang sudah disediakan untuk mempermudah para blogger.

4. Menetapkan desain

Tips mendesain blog berikutnya tentu saja mulai mendesain lama blog Anda. Sebaiknya gunakan tidak lebih dari tiga jenis font agar blog Anda tidak terlihat berantakan dan terlihat lebih profesional. Selain itu pemilihan warna juga penting. Pilih warna yang mewakili image dan tujuan blog yang Anda buat. Namun, tetap batasi pilihan warna ini, maksimal tiga warna agar mata pembaca lebih nyaman saat mengunjungi blog Anda. Untuk tampilan blog yang lebih menarik tambahkan gambar untuk menunjang konten. Dan yang terpenting adalah menjaga konsistensi tampilan blog pada setiap bagiannya, baik dari font, warna, dan struktur konten. Dengan begitu, pembaca akan lebih dekat dan terbiasa dengan laman blog Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.