Tidak Bisa ke Dokter Gigi? Ini 5 Cara Tepat Mengobati Sakit Gigi Sementara

Tidak-Bisa-ke-Dokter-Gigi-Ini-5-Cara-Tepat-Mengobati-Sakit-Gigi-Sementara
Gambar dari Canva

Kebiasaan tidak menyikat gigi secara rutin menjadi penyebab gigi bermasalah, misalnya gigi berlubang, gusi bengkak dan lain-lain. Sakit gigi bisa membuat Anda mengalami nyeri, sakit kepala, kehilangan nafsu makan hingga mengurangi produktivitas harian. Anda yang alami sakit gigi dan belum bisa datang ke poli gigi untuk sementara, bisa mencoba mengatasi sakit gigi dengan perawatan mandiri di rumah. Obat sakit gigi herbal atau pereda nyeri bisa menjadi pilihan menyembuhkan sakit gigi Anda.

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Bisa Anda Coba

Sensasi rasa sakit gigi memang membuat Anda kurang nyaman, apalagi Anda tidak mendapatkan perawatan medis lebih cepat. Bila Anda mengalami sakit gigi dan ingin meredakan nyeri untuk sementara, wajib mengobati sakit gigi dengan cara berikut :

1. Berkumur dengan air garam

Pengobatan lini pertama yang terbilang efektif dalam mengurangi rasa nyeri karena sakit gigi. Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, kemudian kumur-kumur beberapa kali. Kandungan antibakteri pada garam efektif meredakan peradangan sehingga sakit gigi bisa berkurang lebih baik.

2. Kompres air es

Selain berkumur dengan air garam, Anda bisa memakai cara kedua dalam menangani sakit gigi pertama kali. Cukup siapkan kantong es dibungkus kain dan tempelkan di area pipi yang sakit. Biarkan kompres dingin bekerja membuat pembuluh darah yang bengkak menjadi mengerut kembali. Hal ini bisa membantu Anda yang merasakan sakit gigi pada malam hari guna mencegah rasa sakit saat tidur, ya!

3. Berkumur hidrogen peroksida

Cara lain untuk mengatasi sakit gigi sementara waktu adalah berkumur cairan hidrogen peroksida. Kebersihan mulut yang buruk bisa memicu sakit gigi, gusi bengkak dan berdarah hingga gigi terlepas dari rongga sehingga Anda bisa memakai hidrogen peroksida yang diencerkan dengan air. Hanya saja Anda harus hati-hati dalam berkumur hidrogen peroksida agar tidak tertelan. Jangan memakai cairan hidrogen peroksida sebagai obat kumur untuk anak yang alami nyeri gigi, ya!

4. Meredakan nyeri dengan obat NSAID

Anda bisa memilih mengobati sakit gigi dengan obat-obatan jenis NSAID yang dijual di toko obat, misalnya paracetamol atau ibuprofen. Selain lebih praktis, obat pereda nyeri terbukti ampuh mengurangi rasa sakit untuk sementara. Untuk hasil lebih baik setelah mengkonsumsi obat sakit gigi sesuai dosis yang tertera pada kemasan, sebaiknya Anda konsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi yang lebih kredibel.

5. Memilih pengobatan herbal

Bila sakit gigi melanda pada waktu yang tidak diduga, Anda bisa memakai ramuan herbal memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah. Ada banyak cara mengobati sakit gigi tidak tertahankan untuk sementara waktu tanpa harus datang ke dokter gigi, kok. Anda bisa mencoba mengatasi rasa sakit dengan mengunyah cengkih, membuat pasta dari bawang putih, mengunyah daun jambu biji, memanfaatkan teh peppermint, dan masih banyak bahan alami recomended lain.

Beberapa cara mengobati sakit gigi di atas bisa Anda coba terapkan guna meredakan rasa sakit untuk sementara waktu. Obat sakit gigi yang paling ampuh adalah menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang juga. Pastikan Anda rajin menyikat gigi setiap hari, membersihkan sela gigi dengan benang gigi, mengurangi konsumsi makanan terlalu panas atau dingin yang sebabkan gigi ngilu, dan rajin berkunjung ke dokter gigi terdekat. Melakukan perawatan gigi yang rutin bisa membantu mencegah masalah pada kesehatan gigi dan mulut Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *