Menurut SehatQ.com, Anda Tidak Disarankan ke RS Saat Pandemi Corona, Kecuali Mengalami Hal-Hal Berikut

0

Ada sebuah pertanyaan menarik yang diajukan di Forum laman SehatQ.com. Pertanyaan ini berbunyi, bolehkah kontrol atau melakukan pemeriksaan ke poli pada saat pandemi Covid-19? Pertanyaan ini sudah dijawab oleh dr. Vina Liliana dan jawabannya adalah boleh, jika memang terpaksa.

Di tengah pandemi Covid-19 dan hampir semua layanan kesehatan penuh dengan pasien yang terinfeksi virus ini, pergi ke rumah sakit bukanlah suatu tindakan yang disarankan. Sebisa mungkin masyarakat yang tidak terinfeksi virus corona tidak perlu mengunjungi rumah sakit dengan alasan apapun, termasuk untuk melakukan perawatan kesehatan.

Awalnya, larangan mengunjungi rumah sakit ditujukan untuk masyarakat yang ingin membesuk. Jumlah orang yang berjaga pun dibatasi bahkan ada pula yang mengambil langkah tegas dengan tidak mengizinkan adanya pihak keluarga yang menjaga di rumah sakit. Semua hal itu dilakukan demi menekan penyebaran Covid-19 di rumah sakit.

Boleh ke rumah sakit jika …

Meskipun himbauan untuk menunda kunjungan ke rumah sakit ini tegas adanya, ada sekelompok masyarakat yang masih diperbolehkan untuk melakukan hal tersebut. Mayoritas adalah orang-orang dengan kondisi gawat darurat, seperti:

  1. Penderita penyakit jantung yang merasakan sesak dan nyeri dada yang menyebabkan tidak bisa tidur hingga mengalami mual dan muntah
  2. Anak-anak yang sakit demam lebih dari 3 hari, mengalami diare, pendarahan, kejang, bentol kemerahan, hingga mengalami penurunan kesadaran
  3. Ibu hamil yang mengalami muntah berat, perdarahan, kontraksi hebat, pecah ketuban, tekanan darah tinggi, nyeri kepala hebat, janin tidak bergerak, dan mengalami kejang.
  4. Seseorang yang mengalami sakit gigi yang tidak tertahankan hingga pendarahan, mengalami infeksi dan bengkak, gigi lepas mendadak.

Pada saat melakukan kunjungan ke rumah sakit pun pasien harus memakai masker, menerapkan physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menghindari menyentuh muka dengan tangan. Jika Anda ingin batuk atau bersin, segera tutup hidung dan mulut menggunakan tissue atau lipatan siku bagian dalam. Kemudian jangan lupa cuci tangan.

Untuk menghindari kerumunan selama mengantri, Anda juga disarankan untuk membuat janji dengan dokter yang ingin Anda temui terlebih dahulu. Pastikan waktu temu yang tepat sehingga Anda meminimalisir bertemu dengan banyak orang. Apabila memungkinkan, Anda sebaiknya memilih memeriksakan diri di klinik terdekat daripada ke rumah sakit.

Anda tidak disarankan mengunjungi rumah sakit jika Anda masih sanggup melakukan aktivitas sehari-hari meskipun terbatas. Untuk hal ini, Anda bisa melakukan konsultasi. Daripada membahayakan kesehatan dengan berkunjung ke rumah sakit atau puskesmas hanya untuk berkonsultasi, lebih baik Anda melakukannya melalui sambungan telepon atau melalui aplikasi chat.

Anda bisa menggunakan aplikasi SehtaQ.com untuk chat konsultasi dengan dokter. Ada banyak dokter, mulai dari dokter umum hingga spesialis, yang bisa Anda pilih di aplikasi ini. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membeli obat dan alat kesehatan lainnya melalui fitur Toko SehatQ. Apabila kondisi kesehatan Anda semakin memburuk dan perlu segera mengunjungi dokter, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk booking dokter dan mengatur jadwal temu.

Selain bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara online, aplikasi ini juga bisa menjadi sumber terpercaya untuk informasi seputar kesehatan. Anda bisa mengikuti berbagai tips hidup sehat melalui berbagai tulisan di laman ini yang ditulis langsung oleh para dokter yang ahli di bidangnya. Dengan demikian, informasi yang disampaikan jelas kredibiltasnya dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tetap sehat walaupun di rumah saja dengan aplikasi dan situs kesehatan SehatQ.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.