Makanan yang Berfungsi untuk Mengobat Penyakit Lupus

0

Lupus adalah salah satu penyakit peradangan kronik yang bisa terjadi karena sistem daya tahan tubuh menyerang jaringan dan sel tubuhnya sendiri. Penyakit lupus sendiri biasanya lebih dikenal dengan istilah Sistemik Lupus Erimatosus (SLE) dalam dunia medis. Penyakit ini juga bisa menyerang berbagai macam organ dalam tubuh manusia, mulai dari paru-paru, jantung, otak, sel darah, ginjal dan juga kulit. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya, karena pada kondisi normal sistem daya tahan tubuh akan melindungi tubuh tersebut dari penyakit, bukan sebaliknya. 

Beberapa Jenis Makanan yang Berfungsi untuk Mengobati Penyakit Lupus

1. Makanan yang tinggi akan nutrisi

Salah satu cara agar dapat menekan gejala dari lupus adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin dan berbagai nutrisi lainnya, maka dapat menekan gejala dari penyakit tersebut.

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mempunyai manfaat sangat baik bagi tubuh seseorang. Pada umumnya, kunyit digunakan untuk sekedar mengobati penyakit ringan, seperti panas atau batuk. Tetapi disamping itu, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat tradisional menyembuhkan penyakit lupus. Hal tersebut karena kunyit mempunyai kandungan berupa anti-inflamantory yang berfungsi sebagai anti kanker dan juga dapat menyembuhkan ruam pada kulit.

3. Selenium

Antioksidan dipercaya dapat menyembuhkan lupus dalam waktu yang relative cepat. Hal tersebut karena lupus sendiri bisa menjangkit seseorang akibat radikal bebas dan juga antioksidan rendah. Untuk itu, anda bisa menjadikan selenium sebagai obat, karena merupakan antioksidan alami yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ikan haring dan ikan mas. Tetapi yang perlu diingat adalah tidak terlalu banyak mengkonsumsi kedua makanan tersebut, karena justru dapat menimbulkan penyakit lainnya.

4. Teh hijau

Teh hijau bisa dijadikan sebagai minuman untuk mengobati lupus karena mengandung polifenol yang dapat meringankan kondisi penyakit tersebut. Hal tersebut karena polifenol dapat menekan autoantigen dan menurunkan regulasi sitokin inflamasi, sehingga dapat memberikan perlindungan pada reaksi auto imun pada kelenjar saliva.

Itulah beberapa jenis makanan yang berfungsi untuk mengobati penyakit lupus. Mengkonsumsi makanan tersebut juga perlu diimbangi dengan pengobatan medis agar hasil maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.