Kriteria dalam Memilih Data Center Indonesia Terbaik

Kriteria-dalam-Memilih-Data-Center-Indonesia-Terbaik
Gambar dari Canva

Saat ini, kehadiran data center menjadi semakin penting bagi perusahaan atau pengelola website dan aplikasi karena mampu memberikan kemudahan dalam penyimpanan data. Data-data yang ada dalam data center akan tersimpan dengan aman dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, Anda harus memperhatikan beberapa kriteria dalam memilih data center Indonesia. Kriteria ini menjadi pertimbangan penting yang tak boleh diabaikan karena berkaitan dengan kepentingan perusahaan. Apa saja kriterianya? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Kriteria Data Center Indonesia Terbaik

Jika ingin menggunakan data center terbaik, Anda harus memperhatikan beberapa kriteria di bawah ini.

Pasokan listrik

Kriteria pertama yang harus diperhatikan adalah pasokan listrik. Setiap perangkat data center akan dilengkapi dengan power supply. Ketika terjadi pemadaman listrik, battery bank akan memberikan keterangan dan data yang diperlukan sehingga generator diesel bisa segera aktif. Dengan begitu, data server bisa terus berjalan dan seluruh data yang ada bisa tersimpan dengan baik.

Sistem dalam penyimpanan data

Sebelum Anda memilih data center yang tepat, Anda perlu memperhatikan kecepatan aksesnya. Agar akses bisa berjalan dengan cepat, dibutuhkan spesifikasi dari server yang sudah memadai.

Oleh karena itu, saat ini sudah banyak yang memakai processor multicore yang memungkinkan perusahaan memperoleh akses data dengan lebih cepat. Selain server, Anda juga harus memperhatikan kapasitas ruang penyimpanan. Sebaiknya Anda menggunakan ruang penyimpanan tambahan, seperti SSD atau HDD.

Keamanan

Sistem keamanan dalam data center menjadi hal yang tidak boleh diabaikan karena data yang tersimpan sangat penting dan tidak boleh sembarangan tersebar. Selain keamanan cyber, Anda juga harus memperhatikan keamanan lokasi data center.

Untuk lokasi data center, menerapkan sistem keamanan terbaik perlu dilakukan, salah satunya dengan memasang kamera pengawas di seluruh sudut ruangan. Hal ini bertujuan agar tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam lokasi data center. Oleh karena itu, perlu dibuatkan kunci khusus yang hanya boleh dimiliki oleh para pemegang akses .

Terkait keamanan cyber, kejahatan yang berasal dari hacker juga harus bisa diblokir, seperti malware dan spyware. Anda dapat membuat firewall yang kuat sehingga akses masuk yang dilakukan dari luar bisa dicegah.

Bandwidth

Bandwidth adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan proses pemindahan data. Semakin tinggi atau besar bandwidth yang ada, semakin cepat juga prosesnya. Dengan begitu, Anda harus memastikan bahwa data center yang dipilih mempunyai kapasitas bandwidth yang besar.

Jika Anda membutuhkan data center terbaik dengan kriteria di atas, Anda bisa menggunakan neuCentrIX sebagai pilihan terbaik Anda. Lihat layanan data center di sini untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.