Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Berkendara di Kondisi Hujan

0

Sebenarnya dalam setiap kondisi Anda harus selalu berhati-hati dan melakukan cara yang benar saat berkendara. Ditambah lagi jika berkendara di kondisi hujan, jalanan yang basah dan licin membuat Anda perlu selalu berhati-hati. Nah di bawah ini ada beberapa tips jika Anda ingin bepergian saat hujan.

Tips Mengendarai Mobil Saat Kondisi Hujan

1. Usahakan Tidak Menyalip

Kondisi jarak pandang saat Anda mengendarai mobil dalam kondisi hujan biasanya akan terbatas. Hal ini perlu Anda sikapi dengan bijaksana oleh Anda dan pengemudi. Saat terjadi hujan deras dimana akan menyebabkan jarak pandang jadi sangat rendah, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk menyalip kendaraan lainnya.

Selain dipengaruhi oleh faktor jarak pandang rendah, kondisi jalanan yang tergenang pada dasarnya juga berpotensi menjadikan bagian traksi ban di aspal sangat minim, dengan begitu nantinya bisa berpotensi berakibat pada terjadinya aquaplaning.

2. Hindari Akselerasi serta Deselerasi yang Spontan

Selain disarankan untuk menjaga jarak aman, Anda juga dihimbau untuk menghindari melakukan akselerasi maupun deselerasi dengan spontan. Masih hal yang sama faktor jalanan licin ketika hujan, nantinya akan berpotensi menjadikan daya cengkeram dari ban ke aspal jadi kurang maksimal.

Sebaiknya Anda gunakan akselerasi dan deselerasi dengan cara bertahap. Jika Anda melakukan akselerasi serta deselerasi dengan spontan, dikhawatirkan nantinya justru akan menjadikan mobil mengalami kesulitan untuk dikendalikan.

3. Jaga Jarak Aman

Kondisi jalanan saat hujan biasanya akan basah dan licin, tentu saja hal ini nantinya akan menjadikan jarak pengereman mobil jadi lebih jauh. Selain itu, Anda juga perlu menjaga jarak aman, pengemudi wajib bisa memiliki waktu agar dapat menghindar jika kendaraan di depan akan menghantam bagian lubang pada jalan.

Dengan jarak pandang terbatas, biasanya pengemudi akan mengalami kesulitan dalam mendeteksi kondisi kendaraan yang berada depannya. Oleh sebab itu, dengan memberikan jarak yang cukup, Anda pun jadi bisa mempunyai waktu untuk melakukan antisipasi apabila terjadi beberapa hal dimana tidak diinginkan.

Di atas tadi ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan saat berkendara di kondisi hujan. Jauh lebih baik melakukan pencegahan bukan daripada mengobati. Begitu juga dengan hal ini sebaiknya berhati-hati dan lakukan antisipasi sehingga hal buruk bisa dikurangi dan perjalanan Anda terasa lebih nyaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.