Berlibur ke Eropa Setelah Pandemi Covid-19 Selesai? Ini Beberapa Tips dan Persiapan yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Berlibur-ke-Eropa-Setelah-Pandemi-Covid-19-Selesai-Ini-Beberapa-Tips-dan-Persiapan-yang-Wajib-Diketahui
Foto dari Canva Pro

Sudah hampir dua tahun pandemi virus Covid-19 merebak di dunia, pasti banyak orang yang sudah tidak sabar untuk berlibur dengan aman dan nyaman. Jika ingin berlibur ke luar negeri, khususnya jalan-jalan ke benua Eropa, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan mengingat budaya dan musim yang ada di sana sangatlah berbeda jauh dengan Indonesia. Beberapa persiapannya juga tidak instan maka dari itu harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari, misalnya mengurus paspor dan visa, membeli tiket pesawat yang murah supaya bisa berhemat, serta memiliki asuransi perjalanan untuk luar negeri. Berikut uraian penjelasannya:

  1. Mengurus visa Schengen. Anda tertarik berlibur kemana, nih? Belanda? Prancis? Swiss? Atau negara Eropa lain? Selain wajib memiliki paspor, Anda juga diwajibkan memiliki visa turis Schengen. Tercatat, ada 26 negara (22 negara Uni Eropa dan 3 non-Uni Eropa) yang bisa dijelajahi menggunakan visa ini. Negara-negara tersebut adalah Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Untuk masa berlaku, yakni 90 hari dalam jangka waktu sedikitnya 6 bulan, ada juga yang dapat setahun untuk multiple entry. Anda dianjurkan mengurusnya paling cepat 3 bulan sebelum keberangkatan. Butuh waktu rata-rata 15 hari kerja untuk pengurusan visa Schengen.
  2. Mencari informasi tentang negara tujuan. Agar tidak mengalami culture-shock Anda disarankan untuk mencari informasi negara dan kota tujuan terlebih dahulu sebelum berangkat. Misalnya, jika Anda ingin pergi ke Paris, Prancis, ketahuilah bahwa di sana banyak sekali copet berkeliaran maka dari itu Anda diwajibkan untuk selalu waspada dan jangan terlihat mencolok dengan memakai perhiasan, mengeluarkan dompet di sembarang tempat, atau menenteng belanjaan yang sekiranya bernilai mahal. Selain itu, mungkin Anda tertarik pergi ke Jerman? Jangan sembunyikan tangan jika Anda jalan-jalan di Jerman. Kalau Anda mengobrol dengan orang Jerman, jangan sekali-kali menyelipkan tangan ke dalam saku celana karena itu tandanya Anda tidak menghargai si lawan bicara. Begitupun saat makan, pastikan tangan berada di atas meja makan.
  3. Memiliki asuransi perjalanan luar negeri. Sebelum Anda memutuskan untuk bepergian ke luar negeri, Anda sangat dianjurkan untuk memiliki asuransi perjalanan luar negeri karena manfaatnya banyak sekali dan tentu akan memproteksi diri Anda selama berlibur di luar negeri. Misalnya, kehilangan atau kerusakan bagasi dan barang pribadi, kehilangan dokumen perjalanan, sakit dan cedera dalam perjalanan, dan sebagainya, asuransi perjalanan wisata luar negeri berperan di sini. Anda yang sudah terdaftar pada asuransi perjalanan akan mendapat perlindungan diri dari resiko kecelakaan, pada umumnya pihak asuransi akan mengganti dengan uang apabila ada kematian, selain itu pihak asuransi juga akan mengganti biaya pengobatan apabila mungkin terjadi cedera atau kecelakaan selama perjalanan.

Itu dia beberapa tips dan persiapan yang harus Anda utamakan. Tentu Anda ingin berlibur dengan aman dan nyaman, bukan? Semoga pandemi Covid-19 segera selesai, ya, sehingga kita semua bisa berlibur leluasa seperti dahulu kembali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *