Berbagai Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

0

Digital marketing merupakan kegiatan mengenalkan dan memasarkan brand, produk atau jasa melalui jaringan internet atau secara digital. Secara tujuan, marketing melalui platform digital ini sama dengan teknik marketing secara tradisional, yaitu mengenalkan produk atau jasa, memasarkannya, dan tetap terhubung dengan para pelanggan. Namun, marketing melalui jaringan digital dinilai lebih efektif dan efisien mengingat di era global saat ini, teknologi memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan termasuk bisnis dan penjualan. Selain itu sebagian besar penduduk dunia telah terhubung melalui jaringan internet, sehingga hal ini dapat menjadi keuntungan melakukan kegiatan marketing melalui berbagai kanal digital.

4 Jenis Digital Marketing sebagai Penunjang Bisnis dan Pemasaran

Berbagai jenis teknik dan strategi marketing termasuk dalam digital marketing. Pada dasarnya tindakan apapun yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui jaringan internet termasuk pada model marketing ini. Beberapa strategi marketing berbasis digital berikut dapat Anda aplikasikan untuk menunjang bisnis.

1. Email marketing

Marketing melalui jaringan digital dapat menggunakan email sebagai media marketing. Beberapa perusahaan menggunakan email sebagai kanal untuk selalu terhubung dengan pelanggannya. Berbagai informasi menarik seperti konten website, promosi, diskon, voucher, bahkan event yang perusahaan Anda adakan dapat dibagikan melalui email, dengan tujuan utama para pelanggan atau calon pelanggan mengunjungi website Anda.

2. Social media marketing

Salah satu jenis digital marketing  yang cukup marak dan digunakan banyak pengusaha, baik dari perusahaan kecil maupun berskala besar adalah marketing melalui media sosial. Meskipun terlihat mudah, namun dalam praktiknya Anda perlu berhati-hati dalam melakukan teknik marketing ini. Anda perlu memperhitungkan media sosial apa yang cocok bagi bisnis Anda sehingga target pasar dapat terukur dengan baik dan tepat sasaran.

3. SEO

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization, yaitu cara mengoptimalkan website sehingga pelanggan maupun calon pelanggan lebih mudah menemukannya dalam hasil pencarian. Bagi sebagian besar website, hasil pencarian melalui laman Google menjadi sumber penghasilan utama. Dengan menerapkan teknik SEO, website Anda akan semakin mudah ditemukan, sehingga tujuan marketing yang Anda targetkan dapat lebih mudah tercapai.

SEO memiliki dua teknik dalam aplikasinya, yaitu SEO on page yang lebih menitikberatkan pada konten website, dan SEO off page yang berkutat pada hal-hal di luar konten, seperti link building, brand mention pada media online, review serta share pada media sosial.

4. Content marketing

Salah satu strategi dalam Digital marketing adalah membuat dan mendistribusikan konten untuk menarik para pengguna internet agar menjadi pelanggan. Yang terpenting dalam content marketing adalah konten yang dibuat dan didistribusikan haruslah konten penting, konsisten dan relevan dengan bisnis yang Anda geluti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.