Anda Perlu Tahu, Inilah Kekurangan dan Kelebihan Beli Rumah Secara Kredit

0

Rumah adalah kebutuhan pokok dan impian bagi setiap orang tanpa terkecuali. Maka tidak heran jika permintaan pasar akan rumah baik tanah maupun bangunan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut membuat harga rumah semakin meningkat dan sulit untuk membelinya dalam sekali waktu mengingat harganya yang sangat tinggi. Maka sekarang sistem kredit rumah adalah cara yang diminati oleh berbagai kalangan ekonomi karena susahnya mengumpulkan dana untuk membeli rumah secara kontan.

Kekurangan dan Kelebihan Beli Rumah Secara Kredit

Seperti ketika Anda membeli kendaraan secara kredit, membeli rumah dengan sistem kredit juga memiliki beragam kekurangan dan kelebihan. Hal ini penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk benar-benar membeli rumah impian. Jangan sampai, Anda akan terbebani dengan sistem kredit yang ada sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya penyitaan rumah yang sedang diangsur. Nah sebelum memutuskan membeli, yuk ketahui kekurangan dan kelebihan membeli rumah dengan sistem kredit.

1. Harga Rumah

Pertama dapat dinilai dari harga. Kekurangan membeli rumah dengan sistem kredit adalah total harga yang terakumulasi sebenarnya mahal. Dibandingkan dengan sistem tunai, membeli rumah dengan sistem kredit akan dipatok harga yang lebih mahal karena ditambah dengan bunga. Semakin lama jangka waktu kredit, semakin banyak pula bunga yang dibebankan.

Sedangkan kelebihannya adalah tidak membutuhkan ketersediaan dana yang besar. Anda dapat memiliki rumah idaman tanpa perlu menyiapkan dana yang besar diawal. Berapapun jumlah modal awal yang Anda miliki, dapat digunakan untuk membeli rumah impian. Apalagi sekarang cukup sulit bukan untuk menabung dan menunggu uang terkumpul dalam jumlah yang besar?

2. Risiko

Kekurangan membeli rumah dengan sistem kredit adalah risiko yang tinggi. Risiko ini dapat disebabkan oleh developer ataupun dari pihak yang membeli secara kredit. Jika Anda tidak mampu untuk melunasi cicilan pada tempo waktu yang ditentukan, maka pihak yang memberikan kredit biasanya dapat menyita barang Anda dimana disini adalah rumah.

Selain kekurangannya berisiko untuk disita, membeli rumah secara kredit sebenarnya dapat meringankan jumlah tanggungan modal untuk membeli rumah dengan menyewakan sebagian atau seluruhnya kepada orang lain. Hasil dari sewa ini dapat digunakan untuk melunasi cicilan. Begitu seterusnya sampai lunas.

3. Bunga dan Pengeluaran

Membeli dengan sistem kredit berarti harus sudah siap dengan bunga yang dibebankan. Bahkan bunga tersebut bersifat fluktuatif atau naik turun setiap tahunnya. Jadi Anda harus siap dengan kemungkinan kenaikan bunga cicilan.

Sedangkan selain kekurangan, juga ada kelebihannya yaitu pengeluaran Anda untuk membeli rumah tidak sekaligus langsung besar. Anda dapat mengelola pengeluaran secara teratur. Bayangkan ketika Anda memiliki bisnis dan harus mengeluarkan uang yang sangat besar untuk membeli rumah secara tunai. Maka mungkin saja bisnis Anda akan menerima dampaknya terutama dalam hal modal.

Demikian beberapa kekurangan dan kelebihan membeli rumah dengan sistem kredit. Semoga informasi di atas membantu ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.