7 Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Massa Otot baik Pria atau Wanita

7-Jenis-Olahraga-yang-Bisa-Meningkatkan-Massa-Otot-baik-Pria-atau-Wanita
Foto dari Canva

Massa otot memiliki peran penting dalam meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga Anda bisa beraktivitas lebih baik. Otot tubuh juga akan semakin kuat sehingga Anda bisa melakukan aktivitas fisik tanpa mudah lelah, tidak rentan alami cedera dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh lebih baik. Pastikan Anda selalu menjaga massa otot dengan cara alami seperti konsumsi karbohidrat yang cukup, minum air putih lebih banyak dan rajin melakukan olahraga. Definisi massa otot adalah ukuran otot pada tubuh seseorang yang berukuran besar atau kecil.

Olahraga untuk Meningkatkan Massa Otot

Anda sudah paham tentang definisi massa otot yang sangat berpengaruh dalam kekuatan dan ketahanan tubuh dalam beraktivitas. Supaya Anda memiliki massa otot yang besar dan tangguh, sebaiknya pertimbangkan melakukan jenis olahraga yang bisa dilakukan pria atau wanita di rumah atau tempat gym berikut :

1. Squat

Merupakan jenis olahraga yang cocok dilakukan para wanita guna meningkatkan kekencangan otot di bagian paha, bokong, pinggul, dan betis Anda. Lakukan saja jenis olahraga squat di rumah yaitu sejajarkan kaki dengan pundak, kemudian letakkan kedua lengan di depan dada, lalu ambil posisi jongkok dengan menumpu bobot tubuh pada kedua tumit Anda.

2. Push up

Jenis olahraga sederhana yang bisa meningkatkan massa otot lengan atas, otot dada, pundak, dan inti (core) adalah push up. Anda bisa mencoba push up dengan meletakkan kedua telapak tangan di lantai, kemudian turunkan dada perlahan hampir menyentuh lantai dan ulangi beberapa kali.

3. Pull up

Tidak harus berada di tempat gym pun, Anda bisa melakukan olahraga pull up dengan pegangan di sekitar rumah. Pastikan pegangan aman digunakan untuk melakukan teknik pull up yaitu letakkan kedua tangan dengan posisi menggenggam pegangan, lalu angkat tubuh sampai dagu melewati pegangan tersebut. Rajin melakukan pull up dengan minimal pengulangan beberapa kali setiap hari bisa membentuk otot lengan, bahu dan dada lebih maksimal.

4. Bench press

Bila Anda ingin membentuk massa otot di bagian badan atas, coba lakukan posisi berbaring di bangku dan gunakan kedua tangan mengangkat beban naik turun. Di tempat gym, Anda bisa mencoba teknik ini bila ingin punya bentuk bagian atas yang lebih menarik.

5. Deadlift

Tidak hanya atlet saja yang wajib melakukan olahraga yang membentuk massa otot, tetapi Anda juga bisa melakukan olahraga yang sama. Cobalah melakukan deadlift yaitu Anda berdiri tegak dan mengangkat barbel sampai pinggul, dan lakukan kegiatan naik turun barbel beberapa kali.

6. Dips

Ingin punya otot yang menonjol di bagian lengan dan dada, maka cobalah melakukan olahraga dips. Gunakan benda sejajar dengan tinggi badan Anda sebagai tumpuan, kemudian angkat tubuh Anda naik turun tanpa kaki menyentuh lantai, ya!

7. Leg press

Ingin memiliki massa otot paha dan yang bagus, Anda harus pergi ke gym dan melakukan leg press. Sandarkan tubuh Anda dan letakkan kaki lurus pada alat, kemudian Anda bisa mulai turunkan beban sampai lutut menekuk ke bagian dada, lalu turunkan kembali selama beberapa kali pengulangan.

Kini Anda tahu definisi massa otot yang sangat berpengaruh dalam menjaga ketahanan dan kekuatan otot tubuh. Anda yang punya bentuk otot memuaskan bisa tampil lebih percaya diri dan tidak akan rentan cedera saat aktivitas fisik berat. Yuk, coba lakukan olahraga yang bisa meningkatkan massa otot sekarang juga!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.