6 Tips Mendesain Website agar Tampak Menarik

0

Di dunia digital, peran website/situs bisa diibaratkan sebagai “wajah” dari suatu instansi atau korporasi. Website menyediakan berbagai informasi yang diperlukan oleh pengunjung. Website perlu didesain sedemikian rupa agar memberikan tampilan menarik sehingga pengunjung merasa nyaman saat menjelajah situs. Berikut beberapa tips mendesain website yang bisa dijadikan referensi.

6 Tips Mendesain Website yang Menarik dan Memudahkan Pengunjung

Website secara mudahnya didefinisikan sebagai kumpulan halaman (page) yang menyediakan serangkaian informasi tertentu dan disediakan melalui koneksi internet. Sebuah website diakses secara global karena keberadaan internet menghilangkan batasan ruang dan waktu. Oleh karena itu, website perlu didesain agar tampak catchy dan menarik perhatian banyak orang untuk mengunjunginya, terutama dalam aspek penataan menu dan fitur lainnya.

1. Gunakan Unsur Visual dan Grafis yang Kuat

Tentu saja Anda harus memasukkan unsur visual dan grafis yang menarik pada website Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang cenderung lebih menyukai gambar daripada tulisan, sehingga Anda bisa menambahkan lebih banyak komponen gambar yang sesuai.

2. Pertimbangkan Konten yang Akan Dimuat

Tips mendesain website lain yang perlu diperhatikan adalah konten apa saja yang nantinya akan dimuat. Pilihlah konten yang sesuai dengan “image” website. Alangkah lebih baik jika konten tersebut memberikan informasi yang paling dibutuhkan orang-orang.

3. Perhatikan Navigasi pada Website

Navigasi menjadi komponen penting dalam sebuah website. Fitur-fitur yang penting dan paling sering dicari letakkan pada navigasi bagian atas. Sementara itu fitur yang kurang begitu penting letakkan pada navigasi bawah. Website Anda perlu penataan navigasi yang intuitif agar semakin menarik dan praktis.

4. Pilihlah Font yang Tidak Sulit Dibaca

Menggunakan font yang indah dan estetik memang bisa membuat tampilan website menjadi lebih menarik. Hanya saja ada kalanya sebuah tulisan tidak terbaca karena font yang digunakan terlalu rumit. Oleh karena itu gunakan font standar saja. Biasanya font yang paling banyak dipakai adalah Sans Serif.

5. Pertimbangkan Kecepatan Situs

Tips mendesain website selanjutnya adalah manajemen kecepatan load situs. Anda perlu mengatur agar waktu yang dibutuhkan untuk load website berkisar 4—6 detik saja. Jangan sampai lebih dari itu karena pengunjung seringkali tidak nyaman dengan situs yang terlalu lama loading.

6. Intergrasikan dengan Media Sosial

Website bisa dioptimalkan dengan keberadaan media sosial yang bisa dihubungi pengunjung dari pemilik/pengelola website. Anda bisa mencantumkan link media sosial yang masih digunakan.

Itulah 6 tips mendesain website yang bisa Anda terapkan untuk membuat website menjadi menarik serta tampak lebih professional. Apalagi bagi website yang difungsikan sebagai laman penyedia bisnis dan jasa, Anda harus mendesainnya seapik mungkin sehingga pengunjung yang hadir ke website Anda merasa nyaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy