5 Manfaat Makanan yang Mengandung Zat Besi bagi Tubuh

  • Whatsapp
5-Manfaat-Makanan-yang-Mengandung-Zat-Besi-bagi-Tubuh
Foto dari Canva

Tubuh kita membutuhkan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Salah satu jenis zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah zat besi. Banyak sekali ragam manfaat makanan yang mengandung zat besi sehingga memang penting untuk dikonsumsi setiap hari. Tentunya juga harus disertai dengan konsumsi makanan dengan kandungan zat gizi lain.

Manfaat Zat Besi

Banyak sekali jenis makanan yang diketahui mengandung zat besi. Mulai dari sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, kacang-kacangan, udang, hati sapi, dan daging merah. Lalu, mengapa semua makanan ini penting untuk dikonsumsi? Berikut ini adalah 5 manfaat mengonsumsi aneka jenis bahan makanan yang kaya zat besi:

Read More

1. Memberikan Energi bagi tubuh

Konsumsi makanan yang kaya zat besi akan membuat tubuh jadi lebih berenergi. Kondisi kekurangan zat besi pada tubuh dapat membuat seseorang merasa lemas. Zat besi ini memiliki fungsi penting dalam mendukung kerja Hb atau hemoglobin yang berfungsi untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh lancar maka tubuh juga akan mendapat energi yang optimal untuk beraktivitas. Orang yang mengalami lemas dan tidak bertenaga untuk menjalani aktivitas sangat disarankan makan aneka jenis makanan kaya zat besi. Kandungan nutrisi ini akan bekerja efektif untuk mengembalikan energi yang hilang tersebut.

2. Mencegah Anemia

Telah disebutkan sebelumnya bahwa zat besi merupakan salah satu zat pembentuk Hb atau hemoglobin. Hb ini merupakan bagian dari sel darah merah. Jadi bisa diartikan bahwa zat besi juga ikut berperan dalam pembentukan sel darah merah. Ketika kadar zat besi menurun maka produksi sel darah merah juga akan menurun. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya anemia.

Anemia jelas akan berpengaruh besar pada tubuh manusia. Tubuh jadi lebih lemas dan tidak bertenaga. Biasanya penderita anemia juga akan menderita pusing. Agar tidak terjadi hal semacam ini maka konsumsilah makanan kaya zat besi secara rutin setiap hari.

3. Memperkuat Imunitas

Manfaat makanan yang mengandung zat besi berikutnya adalah dapat membuat imunitas tubuh jadi kuat. Zat besi diketahui memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Selain itu zat besi juga punya peran besar dalam mendukung proses penyembuhan tubuh setelah menderita sakit. Konsumsi makanan kaya zat besi secara rutin akan membuat tubuh jadi sehat dan kuat.

4. Meningkatkan Fokus

Defisiensi zat besi ternyata bisa menurunkan fokus atau konsentrasi seseorang. Hb yang mengandung zat besi tadi juga berfungsi membawa oksigen ke otak. Artinya, jika otak mendapatkan asupan oksigen yang mencukupi maka kemampuannya untuk berkonsentrasi juga akan lebih baik. Anda pun bisa bekerja dengan lancar karena otak lebih fokus.

Tak heran jika zat gizi ini juga sangat baik untuk anak-anak. Di tengah masa pertumbuhannya anak-anak butuh daya konsentrasi yang tinggi agar bisa belajar dengan lancar. Untuk itulah harus ada asupan zat besi yang mencukupi demi mendukung kemampuan fokus tersebut.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot

Zat besi juga bisa membantu meningkatkan kekuatan otot. Zat besi diketahui akan memberikan asupan oksigen kepada otot-otot dalam tubuh agar bisa berkontraksi. Jika tubuh kekurangan zat besi maka elastisitas otot akan menurun dan membuat otot jadi kendur. Itulah mengapa orang-orang yang ingin membentuk otot biasanya disarankan untuk makan makanan tinggi zat besi.

Itulah tadi 5 manfaat makanan yang mengandung zat besi. Pastikan untuk mengonsumsi semua jenis bahan makanan kaya zat besi setiap hari. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan-makanan lain yang nutrisinya lengkap dan seimbang demi kesehatan tubuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *