4 Kiat Membangun Growth Mindset Pada Karyawan

4-Kiat-Membangun-Growth-Mindset-Pada-Karyawan
Gambar dari Canva

Memiliki bisnis yang sudah susah payah Anda rintis, kemudian merekrut karyawan terpilih, maka Anda harus fokus meningkatkan kinerja bersama agar perusahaan bisa berkembang lebih optimal. Salah satu cara meningkatkan kinerja para karyawan adalah membangun growth mindset agar semua tim dalam perusahaan bisa berkembang dan beradaptasi dengan perubahan. Tidak heran bila growth mindset untuk kesuksesan bisnis startup Anda harus ditingkatkan sepanjang waktu dalam dunia kerja.

Cara Membangun Growth Mindset untuk Kesuksesan Bisnis Startup

Anda yang punya perusahaan rintisan dan tengah berkembang pesat, maka perlu dukungan dari para SDM terpilih yang kualitatif. Kuantitas yang minim bukan alasan untuk mencapai tujuan kesuksesan perusahaan, bukan? Demi membangun growth mindset untuk kesuksesan bisnis startup Anda di kalangan karyawan, maka tim HRD perlu melakukan kiat membangun pola pikir yang adaptif dengan perubahan berikut :

1. Mengukur perubahan isu yang berkembang dalam perusahaan

Isu yang berkembang dalam internal menjadi tugas HRD dalam menyusun strategi perusahaan yang relevan dengan kebutuhan karyawan. Analisa tim yang bagus dengan melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing bisa menjadi acuan agar tim HRD bisa melakukan pembinaan atau pemberian ruang untuk karyawan berkembang melalui pelatihan atau workshop.

2. Kembangkan jenis pelatihan pada karyawan

Bagaimana karyawan bisa tumbuh dengan pola pikir yang bagus seiring perubahan zaman digital yang semakin ketat ini? Anda tahu cara membangun dan mengembangkan growth mindset dengan memberikan jenis pelatihan baik jarak jauh atau langsung yang sesuai kebutuhan, misalnya pelatihan online mengembangkan teknologi pada masa pandemi. Selalu lakukan riset mengenai perkembangan tren agar bisa mengikuti pelatihan yang kekinian atau relevan dengan kebutuhan bisnis di era digital.

3. Ciptakan budaya kerja yang bagus

Tim pengembangan karyawan perlu menciptakan strategi agar budaya kerja di lingkungan kantor tetap sehat dan kompetitif. Para karyawan boleh berkompetisi demi mendapatkan reward dari perusahaan, tetapi Anda harus tetap menjaga kompetisi tetap sehat dan mengutamakan solidaritas antar karyawan. Karyawan yang merasa memiliki lingkungan yang seperti keluarga, bisa berkembang sesuai kapasitas masing-masing dan loyal akan mendukung kesuksesan perusahaan lebih cepat.

4. Selalu meningkatkan komitmen, koordinasi dan evaluasi

Tidak hanya pada satu tim saja, Anda sebagai pimpinan perusahaan harus mengingatkan karyawan untuk komitmen terhadap visi dan misi perusahaan. Jangan lupa untuk melakukan koordinasi agar bisa melihat kondisi pergerakan tim dalam mencapai tujuan perusahaan. Misalnya Anda perlu melihat target dan tujuan dari bagian penjualan perusahaan agar bisa mencapai kesuksesan penjualan yang diinginkan.

Setelah melakukan koordinasi antar anggota tim yang baik, maka melakukan evaluasi saat mencapai hasil tertentu harus dilakukan. Evaluasi bisa berdampak bagus bagi kinerja karyawan dengan memahami kendala yang terjadi bila ada hasil yang tidak sesuai target yang diinginkan, ya! Penambahan jam pelatihan, pengembangan dan pengalaman karyawan sangat penting bila Anda ingin ada perubahan lebih baik setiap hari. Karyawan akan memiliki SDM bagus yang bisa meningkatkan konsistensi melakukan kinerja optimal demi perusahaan.

Tidak hanya karyawan saja, pimpinan perusahaan harus tetap memiliki growth mindset untuk kesuksesan bisnis startup. Mengingat persaingan bisnis startup yang semakin ketat sehingga banyak perusahaan rintisan yang akhirnya tidak mampu berkembang dan mundur. Butuh komitmen dan konsistensi tingkat tinggi agar kinerja bisa selalu optimal demi hasil yang maksimal. Yuk, mulai membangun dan meningkatkan growth mindset agar selalu punya pikiran positif saat menghadapi setiap masalah dan kendala selama mengembangkan bisnis startup!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *